Mengapa Berhaji ?


Dalam Surah Al-Hajj [ 22 ] ayat 27, Alloh SWT berfirman yang terjemah Indonesianya adalah : " dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai unta yang kurus. mereka datang dari penjuru yang jauh"
Seruan Alloh SWT hingga saat ini terbukti adanya. Bahkan akan selalu terbukti sepanjang bumi masih belum berakhir. Kita lihat saudara-saudara muslimin dan muslimat Indonesia setiap tahun ada ratusan ribu yang datang berbondong-bondong mengunjungi Baitullah di kota Makkah Saudi Arabia. 
Bahkan konon kabarnya,
kalau kita mendaftar untuk menjadi calhaj [ calon haji ] pada tahun ini [ 2012 ] maka kita baru akan bisa berangkat berhaji pada tahun 2020 atau bahkan kadang lebih. Hal ini menunjukkan bahwa keinginan masyarakat muslim Indonesia untuk memenuhi seruan Alloh SWT tersebut sangat tinggi. 

Apakah ini bukti bahwa tingkat keimanan dan ketaqwaan masyarakat Indonesia terhadap Alloh SWT sudah begitu tinggi ? [ hanya Alloh yang Maha Tahu ].
Yang pasti, hingga saat ini yang kita lihat adalah berbondong-bondongnya masyarakat muslim Indonesia menunaikan Ibadah Haji. Bahkan tidak sedikit di antara kita yang merelakan kekayaannya { hewan ternak, sawah ladang ] dijual untuk demi bisa berangkat ke Tanah Suci. Dan peluang ini nampaknya juga di"tangkap" oleh institusi keuangan yang siap memberikan dana talangan bagi masyarakat Muslim yang ingin berHaji. Sehingga Anda yang ingin segera berhaji, namun bekal finansial belum mencukupi  bisa memanfaatkan penawaran menarik tersebut.

Mungkin ada di antara kita yang lalu bertanya, bagaimana hukum berhaji tapi dengan cara [ mohon maaf ] " ngutang " ?
Dalam diskusi 'kecil-kecilan' di sebuah kedai kopi , seorang sahabat berseloroh : " lha wong kita membangun rumah  di dunia saja berani ngutang, masak membangun rumah di akherat [ berhaji ] kita gak berani !? "

Akhirnya kita doakan semoga saudara-saudara kita yang menunaikan ibadah Haji tahun ini senantiasa ditetapkan dalam keimanan dan ketaqwaan, karena sungguh sebaik-baik bekal berhaji adalah taqwa.

0 komentar:

Posting Komentar