Penyebab Hancurnya Sebuah Bangsa


Dalam sejarah peradaban manusia kita mendengar ada bangsa-bangsa tertentu yang mencapai kejayaannya di masa silam. Namun ternyata kejayaan itu tidaklah kekal. Ketidak kekalan tersebut jika kita pelajari dalam sejarah-sejarah masa silam. Ada banyak faktor penyebab kehancuran sebuah bangsa dan peradabannya. Beberapa diantaranya adalah ...........Baik disebabkan oleh faktor alami maupun faktor manusiaMenurut Rasulullah Muhammad SAW, salah satu hal yang menyebabkan kehancuran sebuah bangsa [ kaum ] adalah hilangnya keadilan dalam kehidupan berbangsa { kaum tersebut ] dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini bisa kita ketahui berdasarkan sebuah hadist yang menceritakan bahwa suatu Hari Rasulullah Muhammad SAW dalam khutbahnya menyampaikan pesan yang isinya adalah : 
" Hai segenap manusia, yang menyebabkan kehancuran orang-orang terdahulu tidak lain adalah bahwa ketika yang mencuri di antara mereka adalah orang-orang terhormat, mereka melepaskannya [ memaafkannya, red ]. Tetapi ketika yang mencuri di antara mereka adalah orang-orang lemah, mereka menjeratnya dengan hukuman. Demi Alloh, seandainya Fatimah binti Muhammad bin Abdullah mencuri, niscaya aku akan memotong tangannya dengan pedangku sendiri "

Berdasarkan hadist di atas, jelas banhwa Rasululloh SAW menilai bahwa rasa keadilan yang telah tercerabut dari kehidupan sebuah bangsa akan melahirkan rasa tidak puas diantara masyarakat bangsa. rasa tidak puas pada akhirnya bisa menumbuh suburkan rasa iri hati. rasa iri hati pada akhirnya akan melahirkan sifat dengki dan hasud. Dan akibat terburuknya adalah timbulnya kekacauan, huru hara dalam masyarakat bangsa [ kaum ]. 
Itulah sebabnya, mengapa Rasulullah Muhammad SAW berani mempertaruhkan dirinya untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pelanggaran hukum meskipun yang melakukan pelanggaran hukum tersebut adalah anggota keluarganya sendiri

0 komentar:

Posting Komentar